Jumat, 18 Februari 2011

DUNIA TUMBUHAN (PLANTAE)

Plantae dikelompokkan menjadi tumbuhan berpembuluh (non-Tracheophyta) yakni kelompok lumut. dan tumbuhan berpembuluh (Tracheophyta) adalah Tumbuhan paku-pakuan dan tumbuhan dan berbiji.
Cirri –ciri kingkOm plantae Adalah:
1.Eukariotik (mempunyai inti sel)
2.Multiseluler
3.memiliki dinding sel.
4.memiliki klorofil jenis a dan b
5.cadangan makanan dengan bentuk amilum.
6.memiliki pergilirn keturunan (haploid dan Diploid)
A.TUMBUHAN LUMUT ( BRYOPHYTA)
Lumut (BRYOPHYTA) adalah tumbuhan darat yang tidak bisa dibedakan antara akar, batang dan Daun.Tubuh lumut tidak mempunyai pembuluh pengangkut.Namun, lumut memiliki klorofil sehingga memnuhi karakteristik kingdom Plantae.
Sebagian ada yang berbentuk talus (lembaran) dan ada memiliki yang memiliki batang, akar, daun.
Karenanya, lumut disebut sebagai peralihan antara tumbuhan bertalus (Thallophyta) dan tumbuhan berkormus (Cormophyta) yang memiliki akar, batang, dan daun sejati.
Lumut berukuran mikroskopik dengan tinggi rata-rata 1-2 cm.Lumut tertinggi berukuran sekitar 40.cm ( pendek ya?)
Siklus hidupnya memiliki pergiliran keturunan gametofit dan sporofit.lumut yang sering kita lihat sebenarnya gametofit .Gametofit adalah lumut yang menghasilkan sel kelamin (gamet).
Sporofit adalah lumut yang menghasilkan spora. Sporofit menumpang pada gametofit.Bnetuknya day nag seperti terompet memanjag atau seperti kapsul bertangkai panjang.
Tubuh lumut terdiri dari sel-sel yang memiliki sel-sel yang memiliki kloroplas. Yang mengandung pigmen klorofil untuk fotosintesis.
Pada lumut bertalus sel yang mengandung klorofil terutama pada jaringan sebelah atas.Pada lumut yang berbentuk kecil.seluruh sel dan batang dan daunnya yang tidak sejati menganung klorofil.
Lumut disebut tumbuhan tidak berpembuluh.Karena Tidak memiliki pembuluh angkut.UNtuk menyerap Air dan mineral Lumut berdifusi.
Gametofit terdiri dari kromosom yang tidak berpasangan (haploid=n).Memiliki alat perkembangan multiseluler yang disebut Gametagium. Yang terdiri dari Gametagium jantan (anteridium) dan gametidium betina(arkegonium).
Anteriduim menghasilkan gamet jan tan berflagelum(sporofit).

Arkegonium menghasilkan satu gamet betina (ovum). Yang tidak berflagelum dan lebih besar ukurannya dari pada Spermatozoid.
Jika Anteridium dan sporozoid terdapat pada satu gametofit disebt lumut berumah satu (monoseus).
Jika Anteridium dan sporozoid terpisah pada dua gametofit disebut lumut berumah dua ( dioseus).
Lumut sporofit ( sporogonium) ada yang uniseluler dan multiseluler.Sporofit Multiseluler sebagian besar memiliki tempat spora yang disebut kotak spora.(sporangium).
Lumut adalah organisme foto autotrof yang dapat mensintesis makanannya sendiri..Yang hanya bisa dilakukan lumut gametofit. Habitat yang cocok adalah yang lembab dan teduh seperti, tanah,bebatun an, dan pohon.
Lumut berkembang biak secara Aseksual dan seksual.Aseksual dilakukan dengan Spora.Spora yang dihasilkan oleh pembelahan yang terjadi dalam Sporangium lumut sporofit .
Spora yg dihasilkan sporofit adalah spora haploid.Yang tumbuh menjadi Protonema .Kemudian menjadi Gametofit haploid.
Reproduksi seksual lumut terjadi dengan panyatuan gamet jantan dan gamet betina.Pergiliran generasi gametofit dengan generasi gametofit sporofit disebut metegenesis.
Klasifikasi
a. Lumut hati ( Heparti copsida)
talus lumut hati berlobus seperti lobus pada hati manusia .Contoh lumut hati adalah Riccia nutans,Marchantia , dan Lunuria.struktur khasnya memiliki gemma cup yaitu berupa mangkok yang mengandung kumpulan lumut kecil.Sporofit (2n)
b.lumut tanduk ( Anthoceratopsida)
memiliki bentuk seperti lumut hati yaitu berupa talus. Sporofit (n).memiliki satu kloroplas.Contoh Anthoceros sp.
c.Lumut daun ( Bryopsida)
disebut juga lumut sejati Karena, berupa tumbuhan kecil dengan bagian seperti akar , batang , daun.contoh polytrichum dan sphagnum.
MANFAAT TUMBUHAN LUMUT BAGI MANUSIA.
• Sphagnum , bahan pembalut dan sumber bahan bakar.
• Marchantia, obat penyakit hepar (hati)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar