Rabu, 01 Juni 2011

Denting sasanDo diindonesia

perkemabngan musik sasaondo ditengah serbuan musik barat cukup memprihatinkan karena hal ini disebakan semakain berkurangnya kreativitas, minat dan perkembangan muysik sasanso. Pada zaman maju seperti saat ini, banyak generasi muda yang hanya ingin tahu lebih banyak mengenai musik barat karena ada sebuah anggapan yang mereka kenal pabila tidak mengetahui musik luar adalah generasi mudan yang kuno tidak modren hal ini sebenarnya sangat salah> Oleh karenanya, sasanso yang merupakan alat musk ytradisional nusantara yang berasal dari pualau rote, nusa tenggara timur tidak berkembang dan senmakin tenggelam sinarnay dimata nusantara dan duania
.

Inovasi yang dilakuak terhadap sasan do yaitu dengan mengnati bahan-bahan pembuatan alat musik ini bagus akan tetapi sebaiknya dilakukan pemikiran ulang apabila terjadi penyimpangan terhadap nilai dan makna musik sasanso itu sendiri.

Yah, saat ni denting sasanso nyaris tidak terdengar lagi, karena ruang lingkup denting sasando hanya sebatas didaerah asalnya saja. Bagaimana sasando akan maju jiika penerus dan orang yang mengembangkan musikk sasansop ini hanya tinggal dirumah yang berata[pkan alng-alang berdinding bambu dan beralaskan tanah. Sungguh memprijatinkan namun mereka tetap menghidupkan musik sasando.

Dan semoga musik sasando tetap bertahan dalam melawan arus musik barat. Dan tidak hlang dari dunia musik Nusantara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar