Rabu, 01 Juni 2011

KendalA Campur sari

Untuk perkenalan kita terhadap musik campur sari apa salahnya kita membahas mengenai Uunsur-unsur musik campur sari. Yap, campur sari sebenarnya adalah orkes keroncong plus gender dan siter untuk mengiringi lagu-lagu lagamm jawa. Namun, dalam perkembangan saat ini ditambahkan dengan kibor dan bass.

Bedanya campur sari zaman dahulu dengan zaman sekrang yaitu terletak pada alat musinya yang ditambah dengan gender, saron, kibor, bas, kendang jawa untuk mengganti celo , kendang jaipong, ditambah gong

Musik campur sari sekarang lebih terkenal dikalangan masyarakat disebabakn perkembnagan yang juga dialami oleh musik canmmpur sari yaitu dengan irama-irama musik dangdung, bukan dalam artian mencotek ya, tetapi ini dilakukan oleh musisi musik campur sari untuk membangkitkan lagi gaung musik campur sari.

Pengaruh musik non Tradisonal terhadap musik campur sari adalah irama irama yang mengunakan irama musik non tradisonal.



pertnedaan tangga nada terkadang menjadi kendala bagi suatu musik yah hal ini disebabkan oleh perbedaan tangga nada yang mana apabila tidak di mix dengan baik akan berakibat fatal. Perbedaan tangga nada juga menyebabakn perbedaan musik dan irama yang harus mengiukuti alut tangga nada tersenbut.

Campur Sari mungkin saja bisa memperkaya Khsanah Musik nusantara dimasa depan inovasi baru untuk Campur sari tentunya tidak akan berhenti didninsaja oleh para musisi indonesia. Usaha untuk meningkatkan kualitas musi campur sari pasti terus dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar