Minggu, 15 Mei 2011

Radang Telinga

Radang telinga tengah menahun atau otitis media supuratif kronik (OMSK) adalah radang kronis telinga tengah dengan adanya lubang (perforasi) pada gendang telinga (membran timpani) dan riwayat keluarnya cairan (sekret) dari telinga (otorea) lebih dari 2 bulan, baik terus menerus atau hilang timbul. Masyarakat biasa menyebut penyakit ini dengan istilah “congek”.

Gejala
Keluar cairan (terkadang seperti ingus) dari lubang telinga. Cairan ini bisa keluar terus menerus atau kadang-kadang.

Pencegahan
Beberapa upaya berikut dapat dilakukan untuk mencegah insidens radang telinga tengah seperti: mengurangi tingkat polusi udara terutama di dalam rumah dengan tidak merokok, perbaikan sarana sanitasi melalui kemudahan mendapatkan air bersih serta kecukupan ventilasi ruangan, memperbaiki daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang bersih sehat dan bergizi, peningkatan kebersihan diri, tidak mengorek telinga sembarangan, pengobatan infeksi saluran napas atas dan infeksi sinus paranasal secara tuntas dan penanganan alergi hidung secara tepat.

Bagi bayi dan anak dengan cacat bawaan celah langit-langit upaya operasi rekonstruksi dan terapi lanjutan mampu mengurangi insidens RKSTT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar