Minggu, 15 Mei 2011

SENI MUSIK

Seni dapat dibagi menjadi 4 bagian yaitu :
1.seni musik
2.seni tari
3.seni rupa
4.seni teater

Disini saya akan membahas tentang seni musik.tahukah anda apa itu seni musik?
Seni musik atau seni bunyi yaitu sesuatu yang dihasilkan oleh suara manusia atau seni suara dan suara alat-alat instrument.seni suara atau vocal mengungkapkan rasa lewat suara manusia dalam bentuk kata-kata syir atau lagu. Musik instrument yaitu membunyikan alat-alat musik sebagai ritme atau melodi dengan berbagai cara seperti meniup,memukul, memetik,menyentak ,dan lain.lain.

Adapun alat-alat musik instrument tradisional diantaranya adalah sebagai berikut:

A.Musik tanah : dengan cara menyentakkan kaki pada tanah sebagai ritme seperti dalam gawi/naro atau todo pare

B.Musik Batu : Batu Pena Jawa sebagai ritme untuk mengiringi lagu O lea saat tituk jagung.

C.Nggeri Nggo :Terbuat dari satu ruas bamboo betung dan musik ini digunakan saat acara sunatan

D.Nggo Dhengi : disebut juga Nggo Bhonga yaitu terbuat dari potongan kayu Wae terdiri dari tujuh potong kayu diikat pada untaian tali.musik ini dimainkan saat senggang dipondok kebun dan sebagai alat musik pengiring tarian tradisional.

E.Gaku : Terbuat dari bamboo Digunakan pada acara Dowe dera dan sebagai alat bunyi pada ele dan juga sebagai pengusir hama

F.Sato : Alat musik gesek terdiri dari tempurung kelapa ,dipasang dengan gagang seperti biola dan dilengkapi satu dawai yang terbuat dari serat lidah Buaya Hutan dan getah pohon koja.alat geseknya dibuat seperti busur.

G.Nggo Lamba : Terbuat dari batang kayu nangka atau kelapa yang dilubangkan,pada bagian tengah ,dasar lubang sepasang dengan bilah bambu dan seekor anak ayam dan ditutup dengan kulit sapi.
Nggo terdiri dari 3 jenis yaitu:
1.Nggo Dhengi Dho
2.Nggo Senewa
3.Nggo bemu/bass
4.Diri: musik pelangkap sebagai ritme .terbuat dari sepotong logam atau bambu pecah.


H.Feko / Suling : alat musik tiup terbuat dari wulu atau bela, sejenis bambu kecil dan tipis.
Feko terdiri dari beberapa jenis yaitu :
1.Feko Nangi : ditiup pada saat tengah malam dengan mengalunkan nada-nada ratap dan cara meniupnya seperti rekorder.
2.Feko Bu : ditiup dengan nada-nada improvisasi solis, diiringi dengan beberapa gendang dan jenis suling ini disebut juga suling para gembala.
3.Feko Redho : jenis suling ini ditiup secara duet atau trio dengan harmonis pada nada-nada lagu, biasa digunakan untuk arak-arakan pengantin atau acara lainnya.
4.Feko Ria : jenis suling ini ditiup secara kelompok dalam paduan nada secara harmonis dalam irama mars atau irama lainnya pada acara pernikahan atau acara resmi lainnya.
5.Feko Pupu : suling ini bentuknya agak unik seperti alat pompa dan cara meniupnya dengan menggeser bambu untuk menghasilkan nada bass..

I.Genda / AlbanaGenda / Albana terbuat dari pangkal batang kelapa atau kayu dan kulit kambing. Bentuknya setengah bulatan seperti periuk / podo pada bagian permukaannya.
Dalam komposisinya ada tiga jenis dengan jumlah lima buah Genda / albana yaitu :
1.Genda Redhu, ukuran kecil sebanyak dua buah untuk improvisasi
2.Genda Wasa, ukuran sedang sebanyak dua buah untuk ritme
2.Genda Jedhu, ukuran besar sebanyak satu buah untuk bass Musik Genda /Albana biasanya dipadukan dengan suling / Feko atau lagu-lagu untuk mengiringi tarian terutama tarian Wanda Pau dalam suatu acara pernikahan / sunatan dan acara lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar